Senin, 18 Januari 2016

APA ITU DESAIN GRAFIS

ILMU DESAIN GRAFIS MENURUT PARA PAKAR

Ilmu Desain Grafis Menurut Para Pakar
Sebagai bagian dari ilmu komunikasi visual, ilmu desain grafis memiliki banyak pengertian dan definisi yang berbeda sesuai dengan penerapannya. Namun, apakah pengertian ilmu desain grafis menurut para ahli? Ini dia penjelasannya.

Sekilas Desain Grafis
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap sebagai gambar karena merupakan hasil dari abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.
Desain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda, merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).
Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Definisi Desain Grafis
Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa, seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.
Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.

Definisi Desain Grafis Menurut Para Ahli
a. Menurut Suyanto,  “Aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”.
b. Jessica Helfand, “Kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat”.
c. Danton Sihombing, “Mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar, baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi”.
d. Michael Kroeger,  “Visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran”.
Pada dasarnya untuk menciptakan karya desain grafis yang bagus, seni dan taste adalah dua hal yang perlu dikedepankan. Selain itu, mempelajari teori dan teknik juga tidak kalah pentingnya agar karya yang dihasilkan menjadi sebuah masterpiece.

Untuk itu, IDS | International Design School menyediakan Sekolah Desain Grafis dan Kursus Desain Grafis untuk kamu yang ingin mengasah jiwa seni dan taste dalam desain serta belajar teori dan teknik langsung dari para praktisi desain yang ahli di bidangnya. Untuk kamu yang memiliki minat di bidang desain tapi belum punya basic atau pun skill sama sekali, kamu bisa mengikuti kelas Foundation ProgramInternational Pathway Program juga tersedia bagi kamu yang ingin mempelajari desain dan mendapatkan gelar bachelor dari universitas desain ternama di Australia.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Followers

BTricks

Entradas populares